Keindahan Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jatim

Air Terjun Madakaripura- Ada yang pernanh traveling ke Probolinggo Jawa Timur? Kalau teman – teman pergi ke Probolinggo jangan lewatkan wisata yang satu ini.

Air Terjun Madakaripura namanya, wisata yang tak pernah sepi, banyak para wisatawan yang berkungjung disana, mereka datang jauh – jauh hanya ingin melihat pesona indahnya alam.

Apalagi kalau datang hari liburan, wisata air terjun ini pasti selalu ramai dengan pengunjung. Pengunjung jauh – jauh datang hanya sekedar refreshing, kumpul bersama keluaga, kerabat, dan tak lupa mengabadikan moment tersebut kedalam galerinya.

Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
cdn2.tstatic.net

Salah satu wisata yang terletak di dekat gunung Bromo ini sudah mulai terkenal dan banyak pengunjung karena pesona alam yang sangat indah.

Banyak sekali tempat wisata di daerah Probolinggo yang harus teman – teman kunjungi. Rasanya sangat rugi kalau teman – teman udah nyampe Probolinngo namun tidak singgah di tempat wisata ini.

Jalanan yang terjal dan menantang akan terbayarkan setelah sampai lokasi air terjun madakipura. Angin sepoi – sepoi, siulan burung yang terus berirama, udara yang adem dan sejuk , Begitu pula pemandangan air terjun yang cantik akan membuat teman – teman merasa betah disana.

WIsata ini merupakan salah satu wisata wajib yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Biasanya wisata ini dikunjungi setelh para wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi gunung bromo.

Lokasi dan Ketinggian Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
wartabromo.com

Air Terjun satu ini selain memiliki keindahan alam yang mempesona nan indah, juga memiliki ciri khusus dari yang lain.  Air Terjun Madakaripura mempunyai ketingiian 620 meter diatas permukaan laut. Cukup tinggi kan ?

Semakin tinggi air terjun maka pesonana alamnya semakin indah dan membuat para pengunjung betah lama – lama disana.

Air Terjun Madakaripura terletak di daerah pedesaan yang guyub rukun nan asri. Warga setempat hidup berdampingan dan saling bantu – membantu satu sama lain.  Berkat hasil gotong royong dan kepeduliaan warga setempat, wisata ini masih terjaga sampai sekarang.

Oh ya, Air Terjun Madakaripura terletak pada desa terpencil yaitu desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinngo, Jawa Timur.

Rute sangat gampang ditempuh kok, jadi teman – teman nggk usah khawatir. Bisa ditempuh dari Surabaya maupun Malang JAwa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Sebelum teman – teman menuju lokasi wiasata, harap tau dahulu rutenya. Seperti biasa, rute menuju tempat wisata alam biasanya harus dilalui dengan perjuangan.

Jejalanan yang penuh liku – liku, bebatuan kerikil lecil tak jarang kita temui di tengah jalan, naik turun kemudian menikung kanan kiri yang akan membuat perut jadi kocak.

Bayangkan saja perjalanan yang penuh liku – liku itu harus ditempuh selama 1 jam dari masuk arah ke  Air Terjun Madakaripura. Rasanya capek kan?

Tapi tenang aja teman -teman, seperti kata pepatah ” berakit – akit kehulu berenang ketepian bersusah – susah dahulu bersenang – senang kemudian”. Rasa capek, kesel dan jenuh dalam perjalanan akan terobati ketika sudah sampai di lokasi.

Kalau teman – teman dari arah Surabaya maka perjalan akan ditempuh selama  jam an. Perjalanan tersebut dilalui lewat pedesaan warga setempat. Berikut rute perjalanan dari Surabaya ke  Air Terjun Madakaripura :

Surabya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Prbolinggo – Tongas. Setelah nyampai Tongas nanti teman – teman ambil arah ke kanan yaitu arah ke wisata. Setelah ambil arah belok kanan selama 20 – 30 menit akan nyampai Kecamatan Lumbang – Deket pasar Lumbang lalu belok kanan kemudian ikuti aja arah menuju air terjun.

Sejarah Air Terjun Madakaripura

madakaripura
blog.jadipergi.com

Air Tejun yang terletak di lereng gunung bromo  ini ternyata banyak menyimpan sejarah dan mistis.
Bagi warga asal Jawa Timur dan terlebih orang Probolinggo asli, pasti nggak asing dengan nama tersebut. Ketika disebut nama Madakaripura maka akan langsung tertuju pada sosok pahlawan Indonesia.

Pahlawan yang berani mati demi membela kesatuan republik Indonesia. Terus berjuang dan pantang pulang sebelum titik darah kehabisan. Pahlawan besar tersebut mampu menyatukan nusantara dibawah bendera gula kelapa majapahit yaitu Maha Patih Gajah Mada.

Air terjun ini sangat erat berkaitan dengan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Kerajaan yang dipimpim oleh Patih Gajah Mada. Atas kepemimpinan beliau dengan dibantu oleh Hayam Wuruk, berhasillah untuk menyatukan nusantara tercinta.

Patih Gajah Mada sendiri memiliki kemampuan yang luar biasa, keahlian yang diatas rata – rata dalam pemikiran dan strategi peperangan. Karena keahlian dan keberanian Patih Gajah Mada, beliau dipercaya oleh raja – raja nusantara.

Menurut cerita nenek moyang dan penduduk setempat, nama Madakaripura mempunyai artian ” tempat terakhir “. Nama yang telah mashur tersebut diambil berdasarkan cerita yang telah beredar di masyarakat setempat.

Konon pada masa itu, sang Patih Gajah Mada menghabiskan sisa umur beliau untuk bersemedi di dalam gua. Bersemedi adalah ritual yang dilakukan oleh orang – orang terdahulu dengan cara duduk berdiam diri di tempat tersebut.

Sumpah Palapa

Sumpah Palapa
marveljos.files.wordpress.com

Lokasi tempat persemediaan Patih Gajah Mada di dalam gua yang ada dibawah air terjun utama. Sejarah Madakaripura juga diperkuat dengan adanya patung arca gajah mada yang terletak di parkiran area air terjun.

Sebelum dikenal banyak orang sampai sekarang ini, kawasan tersebut merupakan tanah perdikian yang diberikan oleh Raja Majapahit kepada Patih Gajah Mada atas keberhasilannya dalam mempersatukan nusantara. Nusantara negara tercinta kita semua Indonesia Raya.

Karena atas kerja keras Patih Gajah Mada untuk mempersatukan bangsa dengan sumpahnya yang terkenal dengan julukan “sumpah palapa“.

Isi dari sumpah tersebut adalah

“Sira Ggajah Mada papatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.” 

Artinya : Bahwa Gajah mada tidak akan memakan buah palapa (kemewahan, puasa) sebelum beliau bisa mempersatukan bumi pertiwi (Nusantara). Disebutkan dalam hal ini adalah kerajaan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik dimana beberapa kerajaan tersebut kala itu masih terpecah belah belum bersatu.

Aktivitas Wisata Air Terjun Madakaripura

Jauhnya perjalanan dan jalur yang penuh lika liku yang melelahkan akan terbayar dengan sejuta pesona alam air terjun. Setibanya teman – teman disana, akan terdengar gemuruh derasan suara air dari atas sana.

Teman – teman pun juga bisa melepaskan penat dengan mandi dibawah air terjun yang sejuk dan dingin.

Oh ya, warga setempat sering menjuluki air terjun tersebut dengan sebutan ” tirta sewana”.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Madakaripura

Wisata air terjun Madakaripura selain mempesona keindahan alamnya juga dibarengi fasilitas yang cukup lengkap. Berikut fasiltisa yang ada di dalam wisata air terjun Madakaripura :

  1. Sedia Warung Makan. Pengunjung lokal maupun mancanegara tak perlu khwatir jika tidak bawa atau kehabisan bekal. Disana sudah ada area khusus yang disediakan warga untuk memenuhi kebutuhan perut pengunjung.
  2. Penginapan.
  3. Kamar Mandi / toilet.
  4. Tempat parkir
  5. Musholla
  6. Tempat Istirahat

Demikian beberapa info tentang wisata air terjun mandakaripura yang bisa kami tulis. Semoga bisa bermanfaat untuk teman – teman semua. Terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.