5 Alasan Danau Batur Kintamani Bali Disenangi Wisatawan Mancanegara

Danau Batur Kintanmani, sudah sangat lama menjadi salah satu tempat populer di Pulau Bali. Dengan pemandangannya yang menakjubkan, perpaduan antara air danau yang berwarna biru kehijauan, dan dikelilingi pegunukan yang menciptakan suasana yang sejuk, membuatnya tetap menjadi populer. Bukannya hanya terkenal di Indonesia, Bahkan juga menjadi target wajib tempat berlibur oleh wisatawan luar negeri.

Tempat ini kok bisa ya menjadi tempat wisata yang populer? Padahal kita semua tahu bahwa di Bali terdapat pantai-pantai dan tempat wisata lainnya yang tidak perlu diragukan lagi ke indahannya. Oleh karenanya, mari kita ulas 5 alasan Danau Batur Kintamani di Bali bisa disenangi oleh wisatawan mancanegara (asing).

Gambar-Danau-Batur
Sumber: pegipegi.com

Asal Usul Danau Batur Kintaman di Bali

Sebelumnya, mari kita simak asal usul Danau Batur Kintamani ini.

Usut punya usut, konon kata para penduduk desa sekitar, dahulu ada sebuah desa yang ingin membuat sebuah pura. Dan di desa itu memiliki raksasa dengan kekuatan super, mereka menyebutnya Kebo Iwa.

Si Raksasa

Gambar-Patung-Kebo-Iwa-Legenda-Danau-batur
Sumber: tedyprasetyo.blogspot.com

Pada suatu hari, penduduk desa semakin ingin membuat pura. Maka, Kepala desa pun menemui Kebo Iwa. Si Raksasa meyanggupi atas permintaan desa itu untuk membuat sebuah pura. Tapi, dengan satu syarat, apakah syarat itu? Syaratnya yaitu, jika dia bisa membuatkan pura yang diiniginkan warga desa. Maka dia akan mendapatkan makanan enak yang banyak. Singkat cerita, terjadilah kesepakan anatara 2 belah pihak tersebut. Yaitu penduduk desa dan Kebo Iwa.

Tapi ternyata, para penduduk juga meminta untuk dibuatkan rumah-rumah baru. Dan Kebo Iwa menyanggupinya. Setelah semua itu dibangun oleh Si Raksasa, datanglah musim kemarau, yang membuat stock makanan penduduk desa menipis.

Ditengah krisis makanan yang dialami oleh penduduk desa, datanglah Kebo Iwa, meminta jatah atas semua yang telah dia kerjakan.

Tidak Terduga

Dan hal yang tidak diharapkan terjadi. Si Raksasa mengamuk dan menghancurkan semua bangunan yang dia bangun sebelumnya, tanpa terkecuali. Atas kejadian itu, semua penduduk desa menjadi takut, sehingga semuanya mengunsi dari desa. Ditengah perjalan mengungsi, kepala desa bermusyawarah dengan para penduduknya untuk berbaikan dengan Kebo Iwa.

Kepala desa langsung menemui Kebo Iwa untuk berdamai dan meminta agar membuatkan sebuah sumur yang dapat mengalir ke lahan perkebunan para penduduk. Si Raksasa dengan enteng menyanggupinya, dan meminta syarat seperti sebelumnya, yaitu makanan enak yang banyak.

Singkat cerita, Kebo Iwa langsung membangun kembali rumah-rumah dan pura sekaligus sumur untuk lahan perkebunan. Si Raksasa membuat sumur yang sangat dalam, suatu malam Kebo Iwa ketiduran di dalam sumur yang dia buat karena kelelahan. Dan pada malam itu pula air muncul dari dasar sumur tersebut. Ketika Kebo Iwa terbangun, dia baru menyadari bahwa dia tenggelam di dalam sumur, sampai dinding tanah dan bebatuan berjatuhan dan menimpanya. Kematian pun menghampiri Si Raksasa.

Cerita itu tidak hanya sampai disini. Ke-esokan paginya, air terus menerus keluar dari sumur, hingga luapannya membentuk sebuah danau. Danau itulah yang dinamakan Danau Batur, dan gundukan tanah dari galian sumur itu mengeras, dan membentuk sebuah gunung, yang dimanakan Gunung Batur.

Sumber: dongengceritaanak.com

Lokasi

Danau Batur Kintamani ini berada di Bali, tepatnya di Desa Penelokan Utara, Kabupaten Bangli. Sekitar 65 kilometer dari Kota Denpasar. Jika dari Bandara Ngurai, 2 jam waktu yang dibutuhkan untuk menuju danau ini. Tapi, lebih dekat dari Singaraja, yaitu hanya membutuhkan 1,5 jam.

Untuk menuju kesini, dapat dilakukan dengan berbagai macam transportasi, baik itu pribadi maupun umum. Jika tidak mau repot, bisa mengambil paket liburan ke Danau Batur Kintamani ini. Dan jika mau berpetualang sendiri tetapi tidak membawa kendaraan, kamu dapat menyewa mobil ataupun motor. Dengan kisaran harga Rp500.000/hari untuk mobil, dan Rp 0.000/hari untuk motor. Ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan jika kamu ingin ke danau ini secara pribadi, yaitu berhati-hatilah selalu ketika sedang diperjalanan ke sini. Karena jalan menuju ke sini cukup berkelok dan dipenuhi tanjakan yang cukup tajam, untuk itu pastikanlah bahwa tubuh kamu dalam kondisi yang baik jika ingin kesini secara mandiri.

Gambar-Wisata-danau-batur-bali
Sumber: tedyprasetyo.blogspot.com

5 Alasan Menjadi Tempat Wisata Favorit

Oke, itu dia tadi sekilas tentang legenda Iwak Batu, alias asal usul Danau Batur Kintamani di Bali. Lalu apa yang membuat para wisatawan berlomba-lomba dan berbondong-bondong datang ke tempat ini? Bahkan tidak sedikit wisatawan mancanegara (wisatawan asing) yang juga ikut serta meramaikan tempat ini. Yuk, langsung aja kita simak 5 alasannya dibawah ini!

1 Wisata Anti Mainstream di Bali

Siapa sih yang nggak suka liburan ke Bali? Banyak sekali wisata alam di Bali yang sangat membuat diri betah berlama-lama, dan setiap tempat memiliki pesona khasnya masig-masing.

Di Bali Selatan pada umumnya atau kebanyakan objek wisata pantai dengan pasirnya yang putih dan sunset-nya yang begitu menawan. Nah, di Bali Tengah lebih cendrung dengan dataran tinggi. Pengunungan yang juga tidak kalah indahnya, dengan ditemani suasana sejuk. Danau Batur Kintamani lah yang menjadi solusi bagi para wisatawan yang ingin mencari sensasi selain pantai, atau sensai yang anti mainstream di Bali.

Dengan suhu rata-rata sekitar 22 dan 26 derajat celcius di siang hari, dan pemandangan yang hijau. Sangat cocok menjad tempat untuk relaksasi dan refreshing.

Gambar-Wisata-Anti-Mainstream-di-bali
Sumber: wisataku.id

 

2 Danau Terbesar di Bali & Taman Bumi Terbaik Dari UNESCO

Sekitar 1.060 meter di atas permukaan air, dan kedalamannya mencapai 60 meter dari atas permukaan air. Danau Batur Kintamani menjadi danau terbesar, dengan 16 kilo meter persegi, mengalahkan 3 danau lainnya di Pulau Bali. Yaitu Danau Buyan, Danau Beratan dan Danau Tamblingan, yang mana setiap danau juga punya daya tariknya masig-masing.

Salah satu prestasi skala Internasional yang telah di raih danau ini. UNNESCO telah memilih danau ini sebagai salah satu Global Geopark Network, alias taman terbaik yang ada di atas bumi ini.

Gambar-Danau-Terbesar-di-Pulau-Bali
Sumber: indonesielink.nl

3 View Sunrie Yang Luar Biasa

Yang ini sih nggak perlu ragukan lagi. Karena view sunrise disini sudah banyak menghipnotis para tamunya, untuk terus datang kesini lagi, dan lagi.

Sumber: kintamani.id

4 Memancing & Berkeliling Danau Naik Perahu

Disini diperbolehkan memancing, buat kamu yang hobi tapi tidak mau repot membawa peralatannya, tenang saja karena di sini juga menyediakan peralatan memancing untuk disewa.

Selain memancing, satu hal yang menjadi kewajiban ketika kita mengunjugi wisata air adalah berkeliling di atas air tersebut. Perlu diketahui bahwa danau ini juga terdapat berbagai macam perahu yang dapat kamu sewa loh. Karena selain pemandangan alam sekitar yang sangat menawan, ekosistem di dalam danaunya juga tidak kalah menakjubkan.

Sumber: tripsavvy.com

5 Pemandian Air Panas

Salah satu daya tarik yang menjadi andalan tempat wisata ini adalah berendam air panas.

Dengan lokasinya yang berada diatas pegunungan, yang membuat suasana begitu sejuk dan nyaman, disini kamu bisa menambah kenikmatan tersebut dengan datang ke tempat pemandian air panas untuk berendam. Selain itu kamu tidak perlu khawatir, karena pemandian ini memiliki view langsung ke arah danau yang indah itu. Jadi sambil berendam air panas, dapat juga sekaligus menikmati pemandangan.

Sumber: harianpost.co.id

Info Tiket Masuk Danau Batur

Tiket masuknya yang sangat terjangkau, membuat kita tidak memiliki alasan lagi untuk tidak datang ke sini.

Berikut Info Tiket:

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp15,000
Sewa Perahu /10 orang Rp500,000
Sewa Pancing /hari Rp10,000
Sewa Mobil /hari Rp500,000
Sewa Motor /hari Rp50,000

 

Gambar-wisata-Danau-Batur-Kintamani-di-bali
Sumber: tanahmerahbali.com

Itulah tadi seputar Danau Batur Kintamani, salah satu wisata Indonesia yang sudah mendunia. Jadi tunggu apa lagi? Ayo share artikel ini dan ajak keluarga kamu ke sini!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.