7 Objek Wisata di Pantai Clungup, Raja Ampatnya Kota Malang!

Kamu pasti sudah tidak heran, jika di Malang terdapat banyak objek wisata alam yang sangat bagus. Bahkan kota Malang adalah salah satu kota wisata terbaik yang Indonesia punya. Tapi tahukah kamu? Kalau di kota ini juga terdapat pantai yang sangat luar biasa indahnya. Sampai banyak orang yang menjulukinya Raja Ampat-nya Kota Malang. Itulah Pantai Clungup, langsung aja yuk kita ulas pantai ini.

Berkenalan Dengan Pantai Clungup

Pantai Clungup adalah salah satu pantai yang sangat indah dan masih terawat serta terjaga alamnya. Karena pantai ini baru mulai terkenal di tahun 2018, pantai ini pun masih terhitung sepi pengunjung.

Seperti kebanyakan pantai pada umummnya, Raja Ampat-nya Kota Malang ini memiliki permukaan yang melandai. Tapi pasirnya yang sangat halus sekali, berwana putih sedikit kekuningan, membuat keindahan tempat wisata ini semakin memanjakan kedua mata. Banyak sekali wisatawan yang telah mencicipi keindahannya, dan merasa pantai ini harus diapresiasi dengan terus dijaga kebersihannya. Karena sudah beberapa kali, sebuah pantai menjadi kotor seiring makin terkenal dan banyak yang datang ke pantai tersebut.

Sumber: kedawungadventure.com

Letak Lokasi

Pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, yang otomatis berada di tepi Samudra Indonesia.

Menurut wikipedia, secara administratif Pantai Clungup ini berada di kawasan Desa Sitiarjo, Kota Malang.

Sumber: lelungan.net

Rute Menuju Lokasi

Memamg letaknya cukup jauh dengan pemukiman penduduk setempat. Tapi sebenarnya, jalan untuk menuju lokasi Pantai Clungup cukup mudah loh.

Kalau kamu adalah wisatawan yang datang dari luar Malang, kamu dapat mencoba berbagai moda transportasi menuju Malang. Seperti naik bus, atau kereta jika ingin lebih cepat, dan jika ingin yang lebih cepat lagi, kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

Rute 1 ke Pantai Clungup

Setelah kamu sampai di kota Malang. Ikutilah arah menuju ke Pantai Sedang Biru terlebih dahulu, lalu kemudian belok ke arah kanan (menuju Pantai Goa China). Di area ini kamu harus menaruh atau memarkirkan kendaraan terlebih dahulu, baik itu mobil maupun motor.

Hal ini disebabkan jalan akses menuju pantai clungup hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki, alias jalannya setapak. Tapi tidak perlu kecewa, karena cukup dengan berjalan sepanjang 500 meter ke arah timur kamu akan tiba di surga dunia yang tersembunyi. Beberapa rumah penduduk yang ramah, hingga sedikit lereng pegunungan, kamu akan lewati sebelumnya. Namun, setelah kamu melihat pantai ini, kaki-kaki seolah lupa ingatan kalau telah tadi berjalan 500 meter dan kembali bersemangat. Karena melihat langsung betapa indahnya pantai ini.

Gambar-Rute-ke-Pantai-Clungup-Malang
Sumber: ramydhia.com

Rute 2 (Selain Lewat Pantai Goa China)

Oh iya, bagi kamu yang tidak mau atau kurang suka lewat Pantai Goa China karena alasan tertentu. Kamu boleh mencoba rute lainnya, tapi perlu diketahui sebelumnya, rute yang ini lebih berat jika dibandingkan dengan rute yang melewati Pantai Goa China.

Setelah kamu melewati perempatan jalan lintas di selatan, langsung ke kiri menuju Pantai Sedang Biru. Kurang lebih sekitar 200 meter, jalan akan sedikit lebih luas. Disinilah kamu bisa menitipkan kendaran yang kamu bawa, di rumah-rumah penduduk sana, tenang saja mereka sudah biasa dititipkan kenadaran, dan juga senang karena bisa bertemu orang baru yang memberikan imbalan, alias bayar parkir. Mulai dari sinilah kamu harus berjalan kaki, setelah melewati rumah-rumah dan perkebunan masyarakat sekitar. Sekitar 1 kilometer kamu akan menemukan sungai, sebrangilah.

Lalu, dari muara sungai itu. Tidak sampai 20 menit berjalan kaki, kamu akan sampai ke lokasi tujuan, yaitu Raja Ampat, alias Pantai Clungup. Rute ini memang lebih berat jika dibandingkan dengan rute yang sebelumnya, tapi sangat cocok sekali bagi kamu yang suka berpetualang.

Objek Wisata di Pantai Clungup

Kalau dilihat sisi fasilitasnya, pantai ini memang tidak selengkap pantai-pantai yang terkenal. Di sekitaran lokasi wisata, tidak ada toko-toko suvenir atau rumah makan yang berada di dekatnya, apa lagi penyewaan wahana seperti banana boat. Mungkin hal ini terjadi dikarenakan masih minim pengunjung.

Tapi jangan khawatir, pantai ini punya beberapa objek wisata yang bisa kita nikmati. Antara lain:

Gambar-Rute-ke-Panta-Clungup-Selain Lewat-Pantai-Goa-China-2
Sumber: ramydhia.com

1. Keindahan Pantai Clungup

Yang pertama, tidak lain dan tidak bukan, yaitu menikmati keindahan Raja Ampat-nya Malang, alias Pantai Clungup ini.

Dengan masih sedikitnya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, membuatnya terjaga dari kotoran-kotoran yang menggangu pemandangan. Dengan pasir yang begitu indah, dan ombaknya yang bersahabat, tempat ini sangat pantas untuk menghilangkan jenuhnya pikiran kita.

Gambar-Keindahan-Pantai-Clungup-Malang
Sumber: i.pinimg.com

2. Snorkeling dan Diving

Nah, kalau mau melihat dasar laut yang jernih dan segar ini, kamu bisa membawa snorkeling. Tapi, kalau kamu tidak punya pun bukan masalah, karena ada tempat penyewaan alat-alat snorkeling dengan biaya yang cukup murah, yaiutu hanya sebesar Rp15.000/orang saja.

Kamu juga bisa meminta nelayan sekitar disana untuk menghantarkan ke beberapa spot yang bagus untuk diving.

3. Memancing

Ini dia, bagi kamu para pecinta mancing. Tempat ini akan sangat memanjakan kamu, sehingga akan betah berlama-lama di sini. Selain itu, ada beberapa tebing yang cukup besar di sekitar pesisir pantai yang bisa kamu jadikan untuk tempat menaruh pancingan, jika ingin ditinggalkan sejenak.

4. Berkemah

Perlu diketahui, di lokasi ini tidak ada penginapan. Tapi para wisatawan yang datang dari berbagai kota, diperbolehkan mendirikan tenda dan berkemah di sana. Dengan satu syarat, tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Di pantai Clungup ini sudah disediakan tepat khusus untuk berkemah loh. Lahan yang dikhususkan menjadi tempat berkemah juga luas, bahkan terdapat toilet umum yang bisa di gunakan 24 jam sehari. Biasanya yang berkemah di sini suka membuat api unggun dan membakar ikan hasil pancingannya. Atau bagi kamu yang tidak memancing, bisa juga membeli ikan mentah kepada para nelayan sekitar.

Gambar-Berkemah-di-Pantai-Clungup-Malang
Sumber: allesgroen.files.wordpress.com

5. Berjemur di Pantai

Buat yang hobi berjemur di pantai, taempat ini adalah tempat yang sempuran untuk berjemur. Karena tidak terlalu ramai, akan serasa pantai ini milik pribadi dan kamu juga bisa sambil menikmati keindahan pantai tersebut.

6. Wisata Edukasi di Taman Mangrove

Ini dia, sebenarnya wilayanh ini merupakan wilayah konservasi alam yang dilindungi oleh pemerintah. Di dekat Pantai Clungup terdapat Hutan Mangrove (Hutan Bakau) yang bisa dikunjungi untuk kegiatan edukasi.

Gambar-Wisata-Edukasi-di-Taman-Mangrove
Sumber: indonesianeducationattache.sg

7. Menjelajah Kawasan Pantai Clungup

Selain Panati Clungup itu sendiri, kamu bisa mampir ke beberapa pantai didekatnya, seperti Pantai Mbangsong, Pantai Gatra, bahkan ada Teluk Asmoro yang bisa dikunjungi.

Dan yang tidak kalah penting bagi zaman sekarang, yaitu foto-foto. Banyak sekali spot yang sangat instagramable juga fotoable. Dari mulai keindahan pantainya, ikan-ikan di lautannya, lokasi bekemah, hingga Hutan Mangrove yang bagus sekali menjadi background foto.

Gambar-Menjelajah-Kawasan-Pantai-Clungup
Sumber: allesgroen.files.wordpress.com

Harga Tiket Masuk yang Tidak Sebanding

Ketika memarkirkan kendaran di tempat yang sudah disediakan oleh warga setempat, dan hendak berjalan kaki melewati perumahan penduduk. Kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat tidak masuk akal, yaitu hanya Rp6.000/orang. Sangat murah sekali, jika dibandingkan keindahan alamnya yang masih terjaga ini. Dan kamu juga bisa menyewa tour guide loh, harganya juga sangat murah, hanya Rp75.000 dengan kuota maksimal 10 orang.

Harga parkirnya juga standar saja, yaitu Rp3.000 untuk kendaraan roda 2 (motor). Dan Rp5.000 untuk kendaran roda 4 (mobil).

Gambar-Harga Tiket-Masuk-Pantai-Clungup-yang Tidak-Sebanding
Sumber: lelungan.net

Dengan keindahan alamnya yang tidak terbantahkan itu, juga harganya yang sangat murah. Pantai Clungup wajib banget masuk kedaftar wisata yang akan kamu kunjungi. Share artikel ini dan ajak orang-orang yang kamu cintai kesini. 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.