Cantiknya Pesona Pantai Jonggring Saloko yang Terletak Di Malang Jawa Timur

Terpukau merupakan suatu hal yang sangat wajar, ketika wisatawan berkunjung ke sebuah pantai yang terdapat di Kota Malang ini. Keindahan alam yang dikenal dengan sebutan Pantai Jonggring Saloko ini memang masih sepi pengunjung. Akan tetapi, keindahan dan keunikannya bisa saja menghipnotis siapa saja yang datang melihatnya.

Keunikan alam yang eksotis, angin sejuk dan juga bersih, gelombang besar khas sebuah pantai yang bisa menjadikan pantai ini akan banyak diminati oleh para wisatawan.

Walaupun pantai ini belum diketahui banyak orang, tapi pantai ini tidak kalah keindahannya dengan pantai-pantai yang sudah terkenal di kota lainya di Indonesia. Bisa dikatakan pantai ini lebih memuaskan dengan keindahan alamnya yang masih natural, cantik, eksotis dan juga bersih.

Mau tau lebih banyak mengenai keindahan pantai jonggring saloko? Yuk, kita bahas disini.

Sejarah Pantai Jonggring Saloko

pantai jonggring saloko
esamentaraman.blogspot.com

Pantai yang bisa dikatakan kalah tenar dengan sederet pantai lainnya yang berada di kawasang kota malang ini. Ternyata menyimpan sebuah sejarah kenapa pantai ini dinamakan dengan jonggring saloko. Namanya sendiri diambil dari sebuah cerita pewayangan.

Nama tersebut merupakan sebuah kahyangan yang ditinggali oleh Batara Narada.

Seorang tokoh pewayangan yang mendapat julukan Sanghyang Kanwakaputra, atau Sanghyang Kanekaputra ini adalah tangan kanannya dari Batara Guru.

Nah, mungkin sedikit sejarah mengenai sebuah pantai yang diambi dari sebuah cerita seorang tokoh wayang sehingga pantai ini dikenal dengan Pantai Jonggring Saloko.

Rute Menuju Kawasan Pantai

Rute Menuju Pantai
www.planktontour.com

Jalan atau rute untuk menuju pantai ini yang berlokasi di kota Malang ini memang cukup panjang. Lebih tepatnya yang terletak pada dusun Gondangtawo ujung selatan, Desa Mentaraman, Donomulyo kabupaten Malang.

Dengan jarak tempuh sekitar 63 Km dari Kota Malang, jadi jika memakai kendaraan pribadi bisa dipastikan bisa mencapai 2 sampai 2.5 jam untuk sampai tiba di pantai. Jika kamu bekendara dari Kota Malang, maka arah yang diambil adalah menuju Gadang. Nah, selanjutnya hanya tinggal mengikuti arah menuju Panjen saja.

Namun, setibanya di Panjen perlu diperhatikan juga petunjuk arahnya. Selanjutnya yang harus kamu tuju adalah ke arah Donomulyo, lalu akan bertemu dengan pertigaan dan pilihlah yang ke arah Desa Mentaraman.

Di desa ini, kamu bisa beristirahat dan menikmati makanan serta kelapa muda. Biasanya para pengunjung akan beristirahat sejenak disini, karena akan melintasi hutan jati rimbun dan juga jalanan yang terjal, berbatu, dan juga berkelok-kelok selama kurang lebih 8 Km.

Nah, bagi kamu yang hendak pergi ke pantai jonggring saloko ini. Harap berhati-hati dalam melalui jalurnya.

Tiket Masuk Pantai

Tiket Masuk Pantai
fandy2134.blogspot.com

Tiket masuk pantai? Nah, info ini pastinya tidak kalah penting ya untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini. Dan kabar baiknya adalah ternyata untuk masuk dan menikmati keindahan pantai jonggring Saloko ini, tidak perlu membayar tiket masuk maupun tiket parkir.

Wow, cukup menyenangkan bukan? Sudah bisa menikamati keindahan alam pantainya, tanpa harus mengeluarkan uang untuk masuk dan parkirnya.

Namun, yang harus kamu lakukan adalah jika kamu hendak masuk ke area pantai tersebut, disarankan unutk membawa perbekalan. Dikarenakan di area itu tidak adanya warga sekitar berjualan makanan atau apapun.

Keindahan Alam Pantai Joggring Saloko

keindahan pantai jonggring saloko
www.seputarmalang.com

Letak pantai yang agak terpencil dan memiliki medan yang cukup ekstrim untuk menuju kesana. Sangat cocok bagi penggemar wisata dan berpetualang. Dengan keindahan alam yang masih natural karena jarang dikunjugi ini, bisa menjadikan agar memacu adrenalin untuk bisa sampai pada tempat tersebut.

Tentu saja, apa yang menjadi harapan dari para penggemar berwisata keindahan yang terdapat pada pantai jonggring saloko ini bisa terpenuhi.

Karena begitu menginjakkan kaki pada bibir pantai, para pengunjung akan disambut dengan sejuknya angin pantai, suasana nyaman, bersih dan juga desirnya suara ombak. Pastinya bisa memberikan suatu ketenangan kepada siapa saja yang datang mendatanginya.

Semakin dekat pantai, keindahanpun akan semakin bertambah yang dapat kita rasakan. Pasir berwarna coklat di hamparan pantai, karang yang tetap berdiri tegak meskipun berkali-kali dihantam ombak. Dan jernihnya air laut yang mengundang siapa saja yang datang untuk berenang.

Akan tetapi, jangan sekali-kali mencoba untuk berenang ya. Dikarenakan ombak yang cukup besar dan terdapat banyaknya batu karang bisa beresiko untuk keselamatan kamu.

Tapi, kamu tidak perlu bersedih ya. Keindahan pantainya tentu saja sangat bisa kamu nikmati. Bukan hanya itu saja, karena di sekitar pantai jonggring saloko ini ada juga terdapat keindahan alam yang bisa kamu temukan.

Mau tau apa sajakah keindahan alam lainnya yang terdapat pada pantai ini? Disimak ya.

Watu Nggebros

Watu-Ngebros-Jonggring-Saloko
travelingyuk.com

Selain memiliki pemandangan yang eksotis, ternyata pantai ini juga terdapat kelebihan lainnya yang tentu saja akan membuat terpukau orang yang melihatnya.

Watu Nggebros, adalah salah satu keindahan pada pantai ini. Sebuah karang yang nama terdapat sebuah lubang besar, dan menimbulkan semburan air yang cukup tinggi ketika sebuah ombak menghantamnya.

Adanya semburan ini tejadi karena benturan keras dari beberapa gelombang besar berasal dari arah utara dan selatan yang menerpa karang berlubang. Dan uniknya adalah semburan yang dihasilkan itu bisa mencapai hingga 10 meter.

Selain itu, ketika hantaman ombak itu menerpa akan terdengar suara “bross”. Nah, ini lah yang menyebabkan kenapa fenomena ini disebut dengan Watu Nggebros.

Cob Belut

cob belut pantai joggring saloko
fandy2134.blogspot.com

Fenomena lainnya adalah Cob Belut, yang terjadi pada fenomena ini adalah sebuah ombak yang datang ke pinggir pantai akan terhisap ke dalam sebuah lubang. Dan yang menjadi keunikan tersendiri adalah ketika obaknya surut, lubang-lubang tersebut akan memunculkan kembali air yang sudah dihisap tadi.

Dan ketika air tersebut keluar ke atas, maka akan membentuk mirip sebuah payung yang berukuran raksasa dan hanya bisa dilihat melalui ketinggian.

Pasir hitam

Ketika kamu sedang berjalan-jalan disekitar pantai yang mengarah ke barat, kamu akan menemukan yang tidak kalah menarik lainnya. Perkiraan 200 meter ke arah barat itu terdapat sebuah tempat, yang nama banyak terdapat sebuah pasir yang berwarna hitam halus dan indah.

Namun, jika dilihat dari jauh, hanya akan terlihat pasir yang berwarna kecoklatan saja.

Ditempat ini juga kamu bisa menjelajahinya serta bermain air di sekitar bibir pantai. Karena yang terdapat juga tidak terlalu besar jika dibandingan dengan lokasi lainnya.

Gondang Towo

Di pantai jonggring saloko, bukan hanya terdapat sebuah pantai dan pemadangan alam yang indah saja. Akan tetapi kamu juga akan menemukan sebuah sungai air payau atau air tawar. Sungai yang berjarak kurang lebih 20 meter dari pinggir pantai ini. Dinamakan oleh warga denga sebutan Gondang Towo.

Sungai gondang towo yang mengalir ke laut ini ternyata memiliki rasa tawar padahal jika dilihat dari letaknya hanya beberapa meter saja dengan pantai. Hal ini merupakan sebuah keunikan tersendiri yang terdapat pada pantai ini.

Selain kandungan airnya yang jernih dan juga bersih ternyata menurut penduduk sekitar air sangat bisa dikonsumsi.

Bukan hanya menjadi tempat yang manarik saja, akan tetapi tempat ini juga sangat bisa dijadikan tempat berendam atau mandi. Bagi kamu yang sangat ingin merasakan sensasi dinginnya angin malam pada pantai jonggring saloko ini. Kamu bisa mendirikan sebuah tenda di pinggir pantainya.

Nah, itu lah sedikit pembahasan mengenai salah satu keindahan alam yang terdapat di Negara Indonesia tercinta ini yaitu Pantai Joggring Saloko yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Yuk ajak teman dan juga keluarga untuk berkunjung ke tempat ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.