Pantai Lovina, Wisata Lumba-Lumba Terbaik (di Tengah Laut)

Lumba-lumba adalah hewan yang terkenal karena keramahannya, dia termasuk mamalia laut. Bagi kamu yang suka melihat hewan ini, cobalah datang ke Pantai Lovina. Di sini kamu bisa melihat atraksi lumba-lumba di tengah lautan. Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi objek wisata yang bisa dinkimati jika berkunjung ke pantai ini. Oleh karena itu, mari kita kupas tuntas seputar Pantai Lovina yang berada di Pulau Bali.

Sumber: phinemo.com

Arti Nama Lovina

Lovina, pergabungan dua kata dari Love dan Ina. Masyarakat sekitar mengartikannya sebagai Love Indonesia atau Cinta Indonesia (Karena saat itu istilah INA sudah digunakan untuk Indonesia pada ajang Asian Games tahun 1963).

Tapi, Anak Agung Panji Tisna sebagai pencetus pertama Pondok Wisata Lovina menyalahkan istilah tersebut. Dia meng-klarifikasi bahwa kata Lov memang benar diambil dari bahasa

nggris yang berarti cinta atau kasih. Namun kata Ina yang dimaksud bukanlah Indonesia, melainkan dari bahasa daerah di Bali yang berarti Ibu. Jadi arti kata Lovina adalah Cinta Ibu Pertiwi.

Sumber: katalogwisata.com

Daya Tarik Pantai Lovina

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Bali yang ombaknya besar, di Pantai Lovina ombaknya selalu bersahabat. Hal itu membuat nyaman dan aman untuk bermain juga berenang di pesisir pantai, apalagi jika membawa adik kecil.

Tempat ini semakin lama semakin banyak saja pengunjungnya, tidak hanya orang Indonesia yang datang ke sini, banyak juga turis dari luar negeri yang berlibur ke sini. Lalu apa yang membuat pantai ini begitu populer dikalangan wisatawan? Berikut kita akan mengulas beberapa hal yang menjadi nilai tambah bagi pantai ini.

Selain itu juga banyak objek wisata yang sangat dekat sekali dengan pantai ini. Dan kamu bisa berkunjung ke tempat tersebut.

Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba

Kesan yang paling terasa di Pantai Lovina adalah lumba-lumba, sangat jarang sekali tempat yang menyediakan atraksi lumba-lumba. Tapi di sini kamu bisa melihat banyak lumba-lumba, bahkan lansung di tengah lautan, melihatnya melompat-lompatlah yang menajdi favourite moment bagi banyak para wisatawan.

Sumber: korinatour.co.id

Snorkeling Bersama Lumba-Lumba

Tidak hanya melihat lumba-lumba di permukaan lautan, kamu juga dapat berenang bersama mereka. Sambil melihat keindahan bawah laut yang dimiliki Pantai Lovina, dan ada juga ikan lain dengan berbagai jenis juga warna yang bisa menghipnotis mata.

Selain itu, kamu tidak perlu repot untuk membawa perlengkapan snorkeling. Karena di sini banyak jasa sewa peralatan tersebut, tentunya dengan harga yang murah.

Sumber: cdn.liburanbali.net

Memancing di Tengah Laut

Tidak hanya berenang bersama dengan berbagai ikan di bawah laut, kamu juga bisa memancing di sini. Sebelumnya, untuk melakukan aktifitas yang seru ini kamu bisa menyewa perahu yang telah disediakan. Atau jika kamu cuma sendiri, kamu dapat bergabung dengan rombongan lain, dan harganya pun menjadi lebih murah.

Satu perahu untuk memancing ini bisa digunakan untuk mengangkut 4 sampai 5 orang dewasa.

Sumber: friendlytaxiphuket.com

Spot Sunrise Terbaik di Bali

Lumba-lumba bisanya ramai pada jam 5 sampai jam 6 pagi. Untuk itu kamu harus sedikit berlayar saat pagi buta, tapi tidak perlu khawatir bosan. Karena sambil menunggu kedatangan para hewan yang bersahabat itu, kamu akan ditemani sunrise yang sangat mempeseona. Bahkan banyak yang bilang bahwa pantai ini adalah spot sunrise terbaik yang ada di Pulau Bali.

Sumber: spicebeachclubbali.com

Bersantai di Pinggi Pantai

Tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dunia. Perlu diketahui pasir di pantai ini sangat berbeda dengan sebagian besar yang ada di Bali. Jika kebanyakan berwarna putih, jusrtu pasir pantai ini berwarna hitam, membuatnya tampak elegan.

Kamu juga bisa menggelar tikar di pinggiran pantai ini. Dan selain di tengah laut, tempat ini juga merupakan tempat yang banyak di gunakan para wisatawan untuk menunggu sunrise. Selain itu di pinnggiran pantai ini berjejer warung yang menyediakan berbagai makanan yang enak, jadi tidak perlu repot jika tiba-tiba tilmbul rasa lapar.

Gambar-Pinggir-Pantai-Lovina
Sumber: kintamani.id

Menyaksikan Pertunjukan Musik

Jika paginya sunrise yang begitu menawan menghiasi Pantai Lovina. Di malam hari kamu bisa mendapatkan sensasi yang juga mengesankan.

Di sekitaran pantai ini banyak sekali tempat makan dan cafe yang digunakan wisatawan untuk menikmati malamnya. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan tubuh kita, karena saat malam hari angin lumayan kencang, hal itu disebabkan lokasi yang berdekatan dengan lautan.

Gambar-Festival-Musik-Di-Pantai-Lovina
Sumber: festival-indonesia.id

Berendam Air Panas

Jangan lupa untuk mampir ketempat ini, yaitu tempat yang bernama Air Panas Banjar. Yang di area atasnya terdapat dua kolam besar dengan kedalaman satu meter. Yang keduanya diisi dengan air panas, sangat cocok sekali untuk berendam. Dan ada beberapa pancurannya juga loh.

Gambar-Air-Panas-Banjar-di-Bali
Sumber: banjarhotspring.co.id

Candi Terbesar di Bali

Hanya dengan jarak sebelas kilometer dari Pantai Loviba, terdapat sebuah candi. Candi ini merupakan candi terbesar yang ada di Bali, yang dinamakan Candi Brahmavihara Arama. Dan secara umum tempat ini terbagi menjadi 5 area bagian.

Gambar-Candi-Terbesar-di-Bali
Sumber: tripadvisor.nl

Kelas Belajar Memasak

Selain dapat berlibur, disini kamu dapat belajar cara untuk memasak juga loh. Tepatnya di Adjani Bali, tempat ini sangat terkenal akan kelas belajar masaknya.

Tepmpatnya berada di Jalan Yudhistira, di sini tidak hanya mengajarkan cara memasak khas bali, tapi juga makanan-makanan khas Indonesia pada umumnya. Untuk mengukiti kegiatan di kelas Adjani Bali ini kamu harus memilih bidang terlebih dahulu, yaitu antara kelas vegetarian dan kelas non-vegetarian.

Yang belajar disini juga bukan hanya orang-orang bali atau Indonesia, tapi juga banyak turis asing yang ikut belajar memasak. Jadi di tempat ini selain belajar memasak, kamu juga bisa belajar cara bersosialisasi dengan wisatawan mancanegara dan menambah taman tentunya.

Sumber: indonesiashoppingcenter.com

Lokasi dan Akses

Tidak sedikit wisatawan yang datang kesini melewati jalur laut. Hal itu disebabkan jaraknya yang dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk, yaiu hanya membutuhkan 1 jam perjalanan. Tapi jika kamu datang dari Denpasar, akan membutuhkan waktu dua kali lipat lebih lama, yaitu 2 jam perjalanan.

Untuk yang memakai kendaraan pribadi dari Denpasar, kamu bisa melewati beberapa objek wisata terlebih dahulu di daerah Begudul dan Singaraja. Lalu barulah sampai ke Pantai Lovina ini. Dan yang memakai kendaraan umum, kamu bisa berangkat dari Terminal Tegal dan menuju Terminal Ubung, setelah itu tinggal melanjutkan perjalanan ke Pantai Ini.

Sumber: kabardewata.com

Info Tiket Masuk

Kabar baik bagi kamu yang akan mengunjungi pantai ini, karena untuk masuk ke sini kamu tidak dikenakan biaya sedikitpun, alias gratis. Selain itu tidak ada jam operasional resmi disni, jadi kamu bisa datang kapan saja. Ada baiknya bagi kamu yang ingin melihat keindahan sunrise dan kawanan lumba-lumba yang banyak, datanglah sekitar jam lima lewat tiga puluh pagi, agar tidak ketinggalan momen berharga yang sangat berkesan itu.

Dan untuk kamu yang ingin pergi ketengah lautan untuk snorkeling, tentu akan dikenakan biaya sewa. Untuk biaya yang diperlukan itu adalah sekitar 150 ribu rupiah untuk 1 orangnya, dan berikut fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan harga segitu:

  • Sewa perahu dengan durasi 2 jam.
  • Pengemudi perahu tersebut.
  • Untuk 1 perahu dapat menampung hingga 5 orang penumpang dewasa.
  • Jaket pelampung unuk setiap orangnya.
  • Sarapan pagi setelah melihat lumba-lumba di tengah lautan.

Untuk waktu terbaik menyaksikan lumba-lumba yaitu jam 5 sampai 9 pagi. Dan ketika sedang kemarau, yaitu sekitar bulan April sampai Oktober. Lalu untuk menyewa peralatan snorkeling kamu harus menyewanya sekitar 60 ribuan.

Sumber: blog.traveloka.com

Degan semua yang ada di Pantai Lovia ini, yang begitu mengasyikan juga mengesankan. Maka inilah tempat berlibur tebaik selanjutnya, ayo share dan ajak sahabat kamu untuk ke sini. Dan janganlah sampai lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen terbaik itu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.